Kamis, 21 September 2017

Gaya Belajar_Day 8

Hari ke delapan... Hari Senin

Hari ini, saya ga mengamati Zaid. Tapi mengamati keponakan saya yang tinggal di Cirebon bersama dengan mertua.

Sebenarnya sih, di rumah mertua itu ada 2 keluarga. Keluarga mertua, abah dan ummi, dan keluarga kakak ipar. Ada kakak ipar, istri dan anak. Tapi karena istrinya di luar negeri, jadinya ya cuma kakak ipar dan anak. Nah, anaknya itu udah dari kecil dengan mertua. Malah udah kaya anaknya sendiri.

Kondisinya, karena bapak mertua di Rumah Sakit, ibu mertua ga ada yang urus. Jadinya saya dan suami ngajarin keponakan ini untuk mengurusi orang tua ini.
Saat kami datang hari Ahad kemarin, ternyata beberapa kakak ipar sedang bebersih rumah. Jadinya begitu saya datang langsung bebersih, hahaa.

Tapi abis itu kami benar – benar menjaga kebersihan rumah. Hahaa

Jadi karena ibu mertua itu stroke, jadi segala aktivitas sampai BAK dan BAB dilakukan di kasur. Ada sih ember dan corong untuk BAK dan BAB, ternyata kalau ga diurus oleh bapak mertua, ember dan corng tersebut hanya dicuci jaraaang sekali. Kebayang kan aromanya. 

Huuuh bikin banyak lalat masuk.

Akhirnya sekarang selama 2 hari, saya dan keponakan selalu membersihkan peralatan tersebut. Memanfaatkan sang keponakan.

Semenjak saya ikut IIP, saya selalu berusaha untuk memanfaatkan dan membuat anak – anak mandiri. Karena rata – rata keponakan adalah laki – laki. Jangan manja dan selalu libatkan mereka dalam segala aktifitas. Beberapa kakak ipar sih, ngeliatnya bingung, hahaa. Saya sih cuek aja.

Saat menginstruksikan, saya selalu tekankan. Tiap hari ini harus dibersihkan, supaya lalat ga masuk, suapaya ga jorok. Dan saya selalu siapkan kantong plastik di pinggir kasur ibu mertua, tiap pagi saya ganti. Untuk tempat sampah. Karena selama ini sampah disimpan di ember tersebut. Hieeeh.

Keponakan kami itu tipe anak audio visual dan kinestetik. Usianya sudah 7 tahun kelas 1 SD. Tapi sudah bisa main dan mengayomi. makanya, mulai saat ini saya selalu melibatkan dia dalam aktivitas.

Sekian untuk hari Seniiin. Kita lanjut di hari Selasa ya 

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar