Selasa, 15 Januari 2013

chapter 4 : Carut marut negeri ini, dan islam sebagai solusi



a.           d. Kesehatan
-lagi- Orang miskin ga boleh sakit !

Menjadi orang Indonesia harus menjadi orang yang sehat selalu. Mengapa ? karena pemerintah masih sangat kurang perhatian terhadap masalah kesehatan rakyatnya. Tingginya angka kematian ibu dan bayi di Indonesia yang cukup tinggi merupakan cerminan bahwa pemerintah masih setengah – setengah dalam penerapan kebijakan kesehatan. Bahkan seringkali pemerintah terkesan mengikuti apa yang diinginkn oleh asing.

Pada program MDGs yang diadopsi oleh BKKBN misalkan, dibatasi jumlah anak yang ’boleh’ dilahirkan oleh seorang ibu adalah 2 orang. Padahal dalam islam kita telah sepakat bahwa setiap anak telah dijamin rezekinya oleh Allah. Walaupun pemerintah telah berusaha membuat program jampersal, tampaknya program tersebut belum terlaksana dengan baik. Program Jampersal ini mencakup 4x ANC, persalinan, 4x PNC, dan 1x program KB. 4 ANC atau Ante Natal Care ini adalah pemeriksaan rutin sebelum melahirkan. Bagi masyarakat yang kurang mampu, mereka jarang sekali mengadakan ANC ini. Selain karena harus rutin, biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Sehingga masyarakat enggan melakukan pemeriksaan itu. Padahal syarat dari pemerintah hanya 4 kali, tidak harus tiap bulan. Namun tetap saja masyarakat enggan melakukan. Selain pemeriksaan yang rutin, seorang ibu juga akan menghadapi masa kelahiran yang juga membutuhkan biaya yang cukup besar. Disinilah sering terjadi ’tragedi kematian bayi dan ibu. Yang disebabkan tidak siapny seorang ibu sejak ANC sampai melahirkan.

Ada satu fase lagi setelah malehirkan yang dilakukn oleh seorang ibu, yaitu melakukan apa itu yang disebut PNC, Post Natal Care. PNC ini adalah fase dimana setelah melahirkan. Ini sama seperti ANC harus dilakukan secara rutin. Karena ini merupakan fase perawatan setelah melahirkan, terutama untuk orang yang melahirkan secara caesar. Dan lagi – lagi, PNC ini hanya dilakukan sebanyak 4 kali. Dan lagi – lagi karena dilakukan secara rutin, banyak masyarakat yang jarang melakukan. Perilaku seperti inilah yang sebenarnya membut AKI dan AKB meningkat.

Pemerintah melihat fenomena ini, akhirnya memutuskan membuat program Jampersal (Jaminan Persalinan) Jampersal ini seluruhnya dijamin oleh pemerintah, jadi masyarakat yang mengikuti program ini tidak dipungut biaya apapun (syarat dan ketentuan berlaku). Syarat yang diperlukan untuk mengikuti program jampersal ini dapat dibilang sangat mudah, hanya perlu membawa KTP Indonesia dan selalu membawa buku KIA apabila ingin melakukan pemeriksaan. Sedangkan ketentuannya, peserta harus bersedia ditempatkan di kelas 3.

Dari kajian di atas kita dapat mengetahui bahwa pemerintah masih kurang memperhatikan masalah kesehatan ini. Padahal masih banyak hal yang harus diperhatikan dan dibenahi. 

(cont ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar