Selasa, 15 Januari 2013

chapter 1 : Carut marut negeri ini, dan islam sebagai solusi


Jadi ceritanya, kemarin pas saya UAS Kewarganegaraan, kami sekels diminta untuk membut makalah. Tema besarnya adalah, Tata Negara dalam Islam.

Karena keseringan bikin Release untuk aksi, maka isi makalah saya ga jauh – jauh dari kajian dan tuntutan, haha =D

Sooo.... cekidot =)


Pendahuluan

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk yang cukup banyak di dunia. Berdasarkan data statistik Indonesia yng telah disensus selama 10 tahunn, jumlh penduduk Indoensia adalah berjumlah kurang lebih sebanyak Menurut publikasi BPS pada bulan Agustus 2010, jumlah penduduk Indonesia berdasarkan hasil sensus ini adalah sebanyak 237.556.363 orang, yang terdiri dari 119.507.580 laki-laki dan 118.048.783 perempuan. Dengan laju pertumbuhan penduduk 1,49 % per tahun. Dengan jumlah penduduk sebanyak ini tentu saja msalah yang dihdapi oelah bangsa ini pun sangat komplek. Mulai dari kependudukan pertanian, kesehatan dan pendidikan. Jumlah penduduk Indonesia yang sebanyak ini mayoritas di antara mereka memeluk agama islam. Hl ini tentu saja menjadi PR sendiri untuk ummat islam. Dengan mayoritas penduduk yang beragam islam, tentu saja masalah – masalah saudara sesama islam menjadi masalah bersama.

Hal ini tentu menjadi hal yaang harus kita sepakati bersama. Bahwa sesama ummat islam adalah saudara. Seperti yang diterangkan Allah dalam surat Al Hujurat ayat 10 yang berbunyi

Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.

Dalam ayat ini kita harus memaknai secara mendalam. Karena dengan kita mengakui dan meyakini bahwa sesama kita adalah saudara, tentu setiap masalah yang menjadi bagian dalam hidup, yang pada saat itu sedang dialamai oleh saudara kita, kita pasti akan membantu. Apalagi dalam tingkat negara. Dengan kita membantu sesama warga negara, kita akan merasakan kesatuan bernegara.

Penduduk Indonesia yang mayoritas muslim, merupakan mayoritas terbesar di dunia. Sehingga akan menjadi sorotan yang tajam dari penduduk dunia ketika kita sesama muslim tidak bisa membenahi masalah yang menimpa negaranya sendiri.

(cont....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar