Rabu, 21 Maret 2018

KREATIF - ALIRAN RASA MASUK KELAS



Materi kesembilan kuliah IIP kali ini, tentang kreatif. Hee
Saya rada ketar ketir sebenarnya. Hahaa… karena saya bukan orang yang terlalu kreatif. Terutama dalam hal bebikinan mainan untuk anak – anak. Tapi kalau untuk menyelesaikan masalah, kata suami, saya itu aneh. Suka aneh idenya, tapi bener.
So, i don’t know… that I’m creative or not.
Yang pasti selama ini saya lebih banyak ‘bekerja’ dengan otak kiri. Yaaa, sekreatif kreatifnya orang dengan otak kiri, gunung tetap warna biru dan langit tetap putih (ga pernah warna senja) . :D

Nah diskusi kemarin soal kreatif, sebenarnya memberikan saya ide dan kenyataan. Bahwa, sungguh berfikir kreatif itu penting terutama untuk anak – anak. Karena bisa jadi tantangan ke depan sangat mengerikan. Tetoottt…
Yekan… mengerikan buuk

Nah ini, tantangan juga buat saya. Gimana caranya biar kreatif ?
Sejauh ini sih, kalau liat Zaid, yaa gitu deh. Mungkin karena keseringan main sama saya, saya normal – normal aja, patuh terhadap aturan kalau bikin sesuatu harus ada manual booknya, jadilah Zaid juga tipe yang rapih. :D

Sebenarnya tujuan saya membuat Zaid ‘mematuhi’ aturan adalah agar dia juga rapi serta bisa membantu saya dalam melakukan aktivitas sehari – hari. Minimal saya ga perlu teriak – teriak kalau Zaid numpahin air, dia bisa bantu saya menyalakan kran saat dibutuhkan. Dia tau benda – benda sekitar, dia bisa menggunakan dan bisa merapikan kembali serta ga ngerepotin orang. Itu prinsip saya.

Kreatifitas… Kadang suka iri gitu ya, liat ibu-ibu masa kini di instagram bisa bebikinan dari kardus atau benda – benda tak terpakai lainnya di rumah. Buat saya, untuk usia Zaid yang masih senang eksplorasi, dia akan sering bosenan. Dan kalau udah bosenan, ditinggal dong. Iya kalau bisa dirapikan lagi, kalau ngga ? kan jadi sampah. Nah, jadi kaya buat saya bebikinan DIY DIY gitu, nanti aja lah, kalau Zaid udah bisa diajak kompromi dan bisa berbicara dengan lancar.

Kreatifitas…
Kadang juga suka mikir, kenapa yah saya normal normal aja. Satu sisi saya bersyukur, karena bisa jadi hidup saya akan lebih tenang, satu sisi sedih juga kalau ga kreatif, ga indah hidup ini, seperti sebatas hitam dan putih aja, ga ada warna warninya, wkwkwk
Sebenarnya saya jarang / bahkan ga pernah melarang Zaid melakukan apapun. Selama itu aman, dibawah pengawasan saya dan ga ngerepotin nantinya. Kadang ada orang yang khawatir kalau Zaid melakukan sesuatu, dan tetiba teriak…’Awas’ . abis itu orangnya pasti akan saya pelototin ‘ngapain sih, orang ga kenapa kenapa juga’ .
Yang kaya gitu gitu tuh, suka bikin kesal. Orang mah anaknya juga ga kenapa kenapa, dia juga aman, kenapa musti heboh lah…

Jadi memang, salah satu hambatan berfikir kreatif adalah jika kita terlalu sering mendengar komentar orang.
Pengalaman saya dan seinget saya, salah satu yang membuat saya ‘ga kreatif’ adalah tuntutan akademis. Sejak dulu, jaman saya sekolah sampai SMP… SMA udah agak longgar, orang tua dan orang – orang sekitar saya meminta saya untuk mengedepankan sisi akademik. Jadi hal – hal yang sifatnya seni / kreatifitas ga terlalu ‘mudeng’ buat saya. Haa… sedih kali kalau ingat masa masa itu :D


Jadi, solusi dari kurang kreatifitas buat saya adalaah… cuekin aja apa kata orang. Tapiiii… kita emang harus belajar dulu, memahami tentang sesuatu. Setelah itu, silakan jalan. Selama ga melanggar aturan Allah dan aturan manusia, kenapa musti takut. ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar