Jumat, 24 Februari 2017

Belajar Gimana Belajar #NHW5

Kita udah sampai ke PR kelima. Hohoo
Secara de Jure, kami telah melewati setengah dari 9 materi dan PR yang direncanakan dalam program matrikulasi ini. Kalau secara de Factooo... Hahaa,biarkan Tuhan saja yang menilai dan para mentor yang memberi nilai :D

Naaah, PR kelima kami ini adalah tentang Belajar Caranya Belajar.
Tiap PR selalu ada kejutaaann... jeng jeng jeng. Yang bikin tiap PR ini berbeda adalah, PR ini harus kudu saling terkait dan terintegrasi (kaya Busway)
Lo akan ketahuan diuji tingkat kesetiaan dan kekonsistennya, TIAP PEKAN !!!
Heheheheee... *ketawa sinis, ngetawain diri sendiri
Wkwkwk


Balik ke PR yang dikasih. Karena kita disuruh, mempelajari cara kita belajar, jadi yang pertama kali kepikiran oleh saya adalah cara belajar saya. Belajar apa, gimana belajar dan buat apa belajar, untuk siapa dan mengapa. Setelah dicari – cari, belajar cara belajar ini sepertinya harus ilmiah.
Sebenarnya kalau dipikir bahasa yang mudah itu, seperti membuat 5W 1H dalam belajar, tetapi ini jadi agak spesifik gitu.
Kita mulai yaa...



WHAT
Mau belajar apa ?
Karena sejak awal saya udah berencana akan mempelajari tentang kuliner, maka kompetisi yang ingin saya perdalam adalah tentang kuliner.
Sepertinya akan ditambah :D
Pengasuhan anak dan kesehatan, kemandirian finansial (bisnis), mempelajari teknik mengajar dan membuat kurikulum pengajaran parenting sederhana

Kenapa ?
Saya ingin memastikan apa yang dimakan oleh kami sekeluarga adalah sesuatu yang baik dan bergizi. Yang nantinya akan tercermin dalam kondisi kehidupan.
Pengasuhan anak dan kesehatan : masalah yang sering kami hadapi terutama dengan tetangga adalah tentang pengasuhan anak dan kesehatan
Bisnis : di titik tertentu saya dan suami memiliki niat dan keinginan agar memiliki usaha. Hal ini agar kami lebih mudah melakukan hal lain, piknik misalnya. Jadi tidak terganggu dengan jadwal kantor
Mengajar dan membuat kurikulum : karena targetnya saya bisa membagi ilmu yang telah dipelajari terlebih dahulu kepada sekitar.

Dimana
Dimana mana. Saya lebih suka belajar langsung dengan pengalaman. Jadi tidak terlalu suka untuk ikut kursus - kursus. Lebih memilih balajar di rumah dengan banyak buku resep dan sumber yang bisa diunduh kapanpun. Selain itu belajar langsung dari teman – teman secara online.

Untuk ilmu bisnis : belajar bisnis di lapangan langsung J

Kapan ?
Kalau di PR sebelumnya saya menargetkan 1 tahun untuk mengetahui semuanya... maka perhitungan 0 KM saya akan dimulai tahun depan. Kenapa ? karena tahun ini saya masih mencari titik muyul saya setelah menjadi Ibu... hee
0 – 5 KM : 1 TAHUN : saya bisa memasak dengan baik. Mengetahui ilmu gizi dasar dan menu resep yang sehat
5 – 10 KM : 4 BULAN : ilmu kesehatan
10 – 15 KM : 2 TAHUN : belajar bisnis
15 – 20 KM : 6 BULAN : belajar membuat kurikulum sekolah

Sehingga target bisa dicapai sebelum usia 30 tahun.

Bagaimana ?
Bagaimana belajarnya ? ya belajar aja... hee,
Intinya dalam mempelajari ini, memang harus konsisten dan komitmen. Selain itu bertemanlah dengan orang yang ahli dalam bidangnya. Follow akun sosial medianya, sesekali sapa dan mulailah untuk berkenalan dan sampaikan kalau saya ingin belajar dengannya.


Demikian ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar