Minggu, 05 Januari 2020

Apa dan Bagaimana ...


Alhamdulillah kami sampai pada jurnal ketiga dalam perkuliahan Bunda Cekatan. Di jurnal ketiga ini, kami diminta untuk mencari kegiatan yang menjadi prioritas untuk dijadikan keahlian dan menentukan tujuan, mencari gaya belajar dan merefleksikan dalam kegiatan sehari hari.


Saya memilih 2 kegiatan yang saya biasa melakukan sehingga saya pun berharap hal tersebut menjadi keahlian saya.

MEMASAK

Tujuan saya memasak : seperti diceritakan di jurnal sebelumnya, bahwa salah satu alasan kenapa saya suka memasak adalah penghematan. Yap, karena kalau saya ga masak keuangan keluarga kemungkikan gonjang ganjing. Hahaa. Selain itu saya pun harus menjaga gizi dan berat badan yang baik untuk keluarga. Karena saya dan anak saya sempat mengalami gangguan pertumbuhan, maka kami berusaha untuk mengejar hal tersebut. Jika saya sudah pandai membuat masakan yang baik, bisa saja saya berniat untuk membisniskan, hanya saja sampai saat ini saya masih belum siap jika dibisniskan :D

Ilmu yang saya butuhkan : ilmu gizi. Sekalipun saya bukan anak gizi, saya sangat membutuhkan ilmu ini, agar bisa menyeimbangkan pola makan dan masakan. Selanjutnya tentang peralatan masak, dengan peralatan masak yang baik dan memadai tentu cara memasak pun lebih baik dan menyehatkan. Selain itu peralatan yang baik tentu akan awet, hahaa. Sehingga biaya untuk membeli peralatan bisa diatur. Manajemen keuangan, proses belanja juga menyenangkan. Jika kita tidak cekatan dalam mengatur uang, maka bisa jadi bermasalah cash flow keluarga. Resep yang mudak tentu akan membuat kita leboh cepat dalam memasak. Waktu yang dibutuhkan pun lebih singkat

Sumber Ilmu : bisa dari internet atau buku atau yang lebih mudah adalah dari kawan yang mahir dalam memasak. Sehingga kita bisa langsung praktik

Cara belajar : Cara belajar untuk keahlian memasak adalah dengan melihat dan praktik langsung.

MEMBACA AL QUR’AN

Tujuan : Meningkatkan Kualitas Diri dan mengajarkan baca tulis Al Qur’an. Karena masih banyak saudara saudara kita yang belum bisa baca tulis Al Quran

Ilmu yang dibutuhkan : Ilmu tajwid, langgam (irama membaca) dan mengajar. Karena ga semua orang memahami caranya membaca Al Quran

Sumber Ilmu : Lembaga resmi dengan guru yang memang memiliki semangat dan kompetensi yang sesuai. Dari internet

Cara belajar : Mendengarkan dan mempraktikan langsung


Itulah sebagian dari poin apa dan bagaimana. Intinya, bisa jadi apa yang kita lakukan antara satu ilmu dengan ilmu lainnya berbeda. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kita sajaaa.

Demikiaaan...

#janganlupabahagia
#jurnalminggu3
#materi3
#kelastelurtelur
#bundacekatan1
#institutibuprofesional
#buncekbatch1
#buncekIIP



Tidak ada komentar:

Posting Komentar