Selasa, 07 Mei 2013

Social Project



Sebenernya ini intisari saat saya training value dari Dompet Dhuafa beberapa hari yang lalu. Ya, memang setahun ini biya kuliah saya ditanggung oleh LAZ yang baru tahun ini mendapatkan ISO 2001, setalh perjuangan selama 3 tahun untuk mendapatkan ISO
Dari kampusku hanya berempat. Namun, di training ini, yang hadir hanya dua orang saja, lainnya sakit dan terkebak hujan. –ga penting sebenernya- =D

Lanjut yaa...

Materi sore ini adalah tentang Social Project  (SP). Materi ini akan berkisah tentang pentingnya, kenapa sih kita musti ikut serta atau melaksanakan yang namanya SP tadi itu. Kami mendapatkan materi ini karena 2 bulan lagi kami akn melakukan agang di kawsan desa binaan DD di kawasan Depok dengan rekan – rekan dari Etoser Depok.
Dalam pemaparan kemarin, salah satu hal yang paling pentng kenapa kita harus melaukan SP adalah karena kondisi negeri ini yang memang sedang dalam keadaan yang kurang baik. Apabila pemerinta mengatakan bahwa kenaikan dan pertumbuhan ekonomi lebih dari 4 %, maka yang harus menjadi pertanyaan kita adalah, siapa yang menikmati pertumbuhan ekonomi tersebut.
Pertumbuhan ekonomi yang sedang digaungkan oleh pemerintah, ternyata hanya dinikmati oleh segelintir orang. selebihnya ya, masih tetp saja miskin. Orang – orang yang seperti inilah yang menjadi tanggung jawab kita untuk selalu kita sadarkan, bahwa mereka harus mengadakan peningkatan tingkat kesejahteraannya. Setelah itu kan muncul pertanyaan, siapa yang akan membantu orang – orng yang sifatnya ”BETAH MISKIN” ini ?

Mahasiswa dan dengan segala coraknya...

Perlu kita sadari bahwa mahasiswa merupakan bagian masyarakat yang minoritas. Sehingga apabila sekelompok mahasiswa melakukan kegiatan, maka akan dipandang sebuah kegiatan yang bersifat elitis. Sehingga banyak kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yang hanya sekadar bersifat event atau hanya menyelesaikan program kerja yang dilakukan untuk memenuhi laporan pertanggungjawaban dalam masa akhir tahun. Jarang sekali kegiatan mahasiswa yang sifatnya menyentuh langsung ke masyarakat. Oleh karena itu, kita membutuhkan suatu kegiatan yang secara substansi dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Urgency Social Project

a.   Character Building

Ketika seseorang berada di tengah masyarakat maka ia akan semakin tahu apa yang harus dilakukannya. Ketika seseorang telah mengetahui apa yang harus dilakukannya maka, karakter yang ada di dalam dirinya akan terbangun. Karena saat ia melakukan Social Project, ia tidak hanya sehari tinggal dengan masyarakat tersebut. Namun, ia harus tinggal dengan masyarakat tersebut.

b.   Membangun Kepekaan

Ketika karakter kebaikan dalam dirinya telah terbangun, maka kepekaan dalam hidup, sehingga apa yang dilakukan, dilakukannya dengan hati dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam jangka panjang.

c.    Respon akan realita masyarakat negeri ini.

Social Project merupakan salah satu tindakan responsif akan kodisi negeri ini yang agak carut marut. Oleh karena itu, dengan adanya Social Project beberapa kondisi negeri ini dapat sedikit banyak diurai. Walaupun, mesti akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Target dalam Social Project

a.   Peningkatan Kapasitas Masyarakat

Apabila sekelompok masyarakat dapat diberdayakan dalam Social Project ini, maka kapasitas masyarakat dalam memenuhi kehidupan sehari – harinya akan mengalami peningkatan.

b.   Membangun jaringan.

Ketika seseorang melakukan Social Project, maka ia akan membuka jaringan dengan orang – orang yang harus terlibat dalam pelaksanaan Social Project tersebut.

c.    Kontribusi kongkrit

Social Project merupakan kontribusi kongkrit yang dapat kita lakukan untuk masyarakat. Karena dengan Social Project ini kita akan dengan mudah berinteraksi dengan masyarakat, akan mengetahui pa ayng dibutuhkan masyarakat juga. Sehingga dampaknya pun akan langsung dirasakan oleh masyarakat.

Dalam melakuakn Social Project, kita juga harus memiliki program yang sifatnya terintegrasi. Program yang akan kita lakukan ini, harus memiliki kriteria berikut :

a.   Kondisi masyarakat. Tentunya ketika kita ingin melakukan suatu tindakan yang sifatnya sosial kemasyarakatan, maka yang harus kita perhatikan adalah kondisi masyarakatnya. Karena apabila kita akan membuat program, lalu kita tidak mengetahui apa yang menjadi karakter masyarakat tersebut, hal tersebut akan sulit dilakukan.

b.   Kemampuan. Kemampuan masyarakat yang akan kita berdayakan haruslah kita perhatikan. Hal ini agar program yang kita gulirkan mencapai tingkat keberhasilan yang dapat diukur. Sehingga setelah program itu dijalankn, program tersebut dapat dievaluasi.

c.    Tujuan dan target
Tujuan dan target masyarakat. Dalam pembuatan sebuah Social Project, tujuan dan target yang akan dicapai harus dapat diukur. Hal ini akan mamepermudah suatu lembaga dalam melakukan evaluasi prgram.
    
     Dari semua itu kita dapat mengetahui sejauh mana urgensi dan pentingnya social projec di tengah kondisi negeri ini. Setelah kita mengetahui urgensinya, maka yang akan kita lakukan adalah membuat jenis program yang sesuai dengan masyarakat dan tentunya dapat dievaluasi.

::Terkadang Kita terlalu Asik dengan Zona Kemauan kita, sehingga kita enggan Mengeksplore Zona Kemampuan kita ::





Tidak ada komentar:

Posting Komentar