Kamis, 23 Mei 2013

Muslim Harus Kaya !


Gara – gara ditegur seorang saudara semalam ttg ‘Kezuhudan’ jadi pengen nulis kisah dan pengalaman ini,semoga berkenan =D

Sore itu saya baru saja pulang dari sebuah acara launching buku yang dilakukan oleh sebuah LAZ Indonesia dikawasan Menteng. Saya lupa tanggal berapa, yang saya ingat hari itu 2 harisetelah Hari Raya Idul Adha di Tahun 2012 lalu, kalau ga salah harinya Senin.
Karena saya seorang angkoters,maka saya pulang dari Menteng naik bus kota merk Kopaja dengan nomer P20. Laiknya penumpang yang baik, maka saya duduklah di salah satu kursi bus yang masihkosong. Sambil menikmati pemandangan indah sore itu –yang untungnya ga macet-saya sempat melihat paper bag berisi buku yang tadi dilaunching. Tiba – tiba seorang bapak duduk di samping saya…

*****
Dan cerita itu dimulai …
B : Bapak Bapak
S : Saya

B        : Mba kerja di LAZ itu ?
S        : Ngga,tadi abis ada acara aja pak – jawab saya agak sekenanya-
B        : Oh –tampak sang bapak mencari bahan untuk mengajak ngobrol-
S        : Kenapa pak ?
B        : Ngga, saya itu suka heran, kenapa ya kalau pegawai –pegawai LAZ itu kok, kaya –
kaya yaa… padahalkan mereka harusnya mengurus urusan orang miskin …
S        : -Sifat kepo saya muncul, sambil mendelik saya bertanya -Emang kenapa gitu pak ?
B        : Saya itu punya saudara, dia pernah kan kerja di LAZ, dia bilang katanya pimpinan –
pimpinan LAZ itu,mobilnya sering ganti, bajunya bagus bagus, HPnya mahal, padahal kan merekaharusnya ga kaya gitu hidupnya… mengurus orang miskin kok begitu kelakuannya…

Cerita sang bapak sambil berapi – api daaaannn gueee, jadi kepo =D

S        : Oooh, terus pak, sodara bapak itu gimana ?
B        : Keluar, ga suka dia dengan itu semua, kan kita kerja sosial…
S        : -gue semakin kepo- Emang sodara bapak udah berapa lama kerja di LAZ itu ?
B        : Ga lama mba, Cuma setahunan deh, terus udah keluar… ga tahan dengan ituu, masa pimpinan – pimpinan LAZ hidupnya gitu.Padahal kan pekerja sosial ya...
S        : Ooohh, ya deh pak

Dan akhirnya bapak itu bercerita panjang lebar tentang ketidaksepakatannya kalau Amil Amil zakat hidup dengan ‘kondisi yang baik’ , karena menurut dia  mereka kerja sosial. Setelah itu beliau cerita tentang keprofesionalan kerja dan beliau cerita kalau beliau pernah kerja diPerusahaan punya Jepang, kalau dia seorang muslim yang ta’at ibadah daaannn seterusnyaa, sampai saya ngantukk.

Dan sekarang giliran saya yang nyerang si bapak ini =D
S        : Bapak tau berapa bagian dari seorang amil zakat dalam dana zakat tersebut ?
Si bapak diam dan tampak berfikir

S        : seperdelapan pak. Terus bapak tau,berapa jumlah dana zakat yang diterima LAZ ini dalam sebulan ? Hampir 2 milyar pak…

B        : Wah besar banget dananya… Tuh kan,pasti deh. Saya tuh takut ada apa ya mbaa, penyelewengan dana zakat gitu. Dari pimpinan– pimpinan LAZ tersebut…

--“ ZZzzzz… bukan itu paaaakkk,titik poin sayaaaaa… emosi jiwa jadinya

S        : ga gitu pak, maksud saya. Misalnya giniyaa… kita ambil contoh kalau misalnya LAZ itu dapat dana 2 milyar aja,seperdelapannya berapa ya ? 250an juta kan pak… nah itu dibagi sama jumlah amil– amil yang ada di LAZ tersebut. Belum lagi kalau ada agenda LAZ tersebut yangmemang sifatnya fundrising , dana Sosial perusahaan. Kan banyak pak. Naah maksudsaya, yang 250juta itu emang udah jadi jatah mereka.
B        : Iya mba saya ngerti. Tapi kalau mobilnya rajin ganti,gimana? Pake uang siapa coba ? -balas si bapak-

Gue dalam hati cuma bilang  ‘kali aja itu lagi sewa mobil.’


B        : Iya kan, waktu saya ke kantor LAZ ininih –yg paper bagnya saya bawa- itu mobil di parkiran banyak banget. Gimana tuh mba ?
S        : Ooh, bapak udah pernah ke kantor pusatnya ? saya rumahnya deket situ lho pak, dan saya juga hampir tiap hari lewat situ, kampus saya dulu di samping situ. Bapak tau ga, samping kantor LAZ itu tuh, tempat penyewaan mobil, daaaan setau saya yah, pegawai LAZ itu rata –rata naik motor. Motornya lebih banyak kan ya pak ?

Naaah,skak matt deh si bapak…

B        : Ih gitu ya mba ? – terus dia cerita lagi , saya ga gitu denger apa yang dia ceritain karena saya udah ngantuk-
S        : Oh iya pak, tadi kan bapak cerita tentang professional ya pak ? rata – rata yah, sekarang amil – amil itu udah professional. Jadi menurut saya, gaji mereka besar juga wajar, karena semakin banyak yang bayar zakat dan pengelolaannya juga semakin baik. Jadi kan pendapatan LAZnyadari dana zakatnya jadi lebih banyak kan.

Karena kan sebenarnya bukanseperdelapannya yang berubah, tapi yang membagi delapannya semakin besar…


Dan akhirnya si bapak diam, saya pun ngantuk dan ketiduran di kopaja…

Bangun– bangun udah maghrib

S        : Wah udah maghrib
B        : Alhamdulillah, saya buka puasa dulu ya mba…
S        : Oh iya pak –itu gue agak bingung-
B        : Saya itu biasa mba, puasa senin kamis, puasa sunnah. Lebih sehat..
S        : Oh gitu ya pak, tapi pak, setau saya yah hari ini masihTasyriq…

Si bapak bingung….
S        : Iya, kan kemarin abis idul adha, naah setau saya ya pak, kalau tuntunannya belum berubah ya pak, Tasyriq itu ga boleh puasa. Jatuhnya malah haram hukumnya…

NAH… Si bapak pun diam… terus langsung turun Kopaja… sambil nahan malu kayanya


B        : Saya duluan mbaa…
S        : oh iya pak… dan gue Cuma geleng –geleng kepala sambil mikir… kayanya harus ada training Pemahaman Rukun Islam deh.

******
Akhir – akhir ini saya rada –rada ngerandom lah. Inget cerita ini gara – gara semalam ditegur kawan ttg kezuhudan. Inget kezuhudan gara – gara ada cobaan yang sedang menimpa salah satu ustadz. Inget kisah ustadz tsb jadi inget kisaaaahhh… banyak hal, tentang dakwah.
Aiihh berat nih bawaannya…

Saya suka protes, emangnya kalau guru ngaji itu ga boleh kaya ya ?
Emangnya kalau amil zakat itu ga boleh kaya ?
Emangnya kalau ustadz itu hanyaboleh duduk di masjid ngajar anak – anak kecil belajar IQRA lantas dapat bayaran dari Jamaah masjid yang ‘peduli’ dengan hidupnya ?
Emangnya pekerja sosial ga boleh kaya ?
Itu kuno bro, sekarang udah maju Anak TK aja udah pake Android… *lho

Sekarang muslim harus kaya, jujur dan baik.
Supaya bisa bantu saudaranya di Palestina, bisa bayar Zakat, bisa bangun masjid yang baik, bisa bangun Mall dengan sarana ibadah yang baik, bisa punya media massa supaya orang – orang taukalau ISLAM itu baik. Supaya ISLAM ga dipandang sebelah mata ...

Saya pernah naik angkot. Kemudian di dalam angkot tersebut ada perempuan dengan hijab dan pakaian necis. Tampaknya dia orang yang cukup berada –tapi kok dia naik angkot ya-
Ketika dia melihat saya yang baru pulang dari SMA, dengan dandanan biasa aja - rok bahan dan jilbab syar’i serta tas cokelat di punggung, mengesankan saya abis aktivitas seharian dan baru pulang dan udah sore pula - dia agak sinis daaannn mmmmm –kalau saya boleh interpretasi- terkesan menyepelekan penampilan saya. Saya mah diem aja dan cueekkk
Ketika itu sms masuk dan ketika saya ngluarin HP saya, sambil rada pamer dikit ‘HP gue lebih keren lhoo dibandingelu’

Dia agak kaget dan akhirnya dia nunduk,
Mudah – mudahan berfikir yaaa…kalau jangan suka nyepelakan orang, hanya karena penampilan luarnya ajaaa….

******

Kenapa Muslim harus kaya ?
Kenapa guru ngaji harus kaya ?
Sekarang aja yaa… anak 2 TKudah pegang gadget mahal, terus tiba –tiba kita sebagai seseorang yang menyerukan kebaikan ketinggalan jaman …heeeiii gimana ini, sekarang nyari orang aja bisa langsung lewat jejaring maya,buat undangan nikah ga perlu cetak banyak – banyak, declare di jejaring maya aja, udah beres, informasi semakin cepat. Kalau kita tertinggal dan kuper,gimana kita bisa ‘mengimbangi’ orang – orang sekeliling kita,yang mereka adalah saudara - saudara kita yang harus mengetahui kebaikan ISLAM ?

Nah itu lah gunanya kita menjadi seseorang yang mengikuti perkembangan jaman. Dan untuk membeli gadget yang sesuai dengan perkembanganjaman, kita harus memiliki maal yang cukup kan… nah… disana pentingnya Kitaharus kaya =D

Semalam saya ditegur sama seorang saudara saya, waktu saya bilang, saya mau transmigrasi smartphone ah…daaannn dia bilang ‘ga zuhud ente’. Terus saya balikin, ‘adik – adik saya diSMA gadgeters semua, gimana dong ?kan ga seru, kalau saya sms trs dia ga balas karena dia punyanya pulsa bbm atauwhat’s app aja …

Lantas bagaimana bisa kita mengadakan silaturrahim dan menebar kebaikan untuk saudara – saudara kita sesama muslim ?

Lalu tentang amil yang berkecukupan,
Tau kah kita, kalau amil adalah satu – satunya pekerjaan yang tertulis dalam al qur’an. Kalau saya boleh interpretasi sendiri, justru amil lah satu - satunya pekerjaan yang imbalannya,gajinya pasti dan tertulis dalam al qur’an. Seperdelapan harta seorang muslim.

Yaaa… walau kata pak Erie Sudewo, amil mendapatkan imbalan atas pekerjaannya dari bagian kotor harta (2,5%) yang dikeluarkan untuk zakat.

Boleh kah amil kaya ?
Coba kita lihat, sekarangberapa banyak LAZ yang ada di Indonesia ?
Berapa banyak amil yangterserap ?
Dan berapa banyak dana zakatyang telah terkumpul?
Serta berapa banyak dana zakatyang belum terkumpul ?

Kalau dari banyak dana zakatyang terkumpul dan yang belum terkumpul itu dibagi 8, maka saya yakin amil –amil di Indonesia, sangat sejahtera.

Ditambah lagi, hampir semua dari mereka adalah kalangan muda, masih bersemangat, kreatif dan penuh ide yangmenarik. Tentu saja ini akan meningkatkan profesionalitas mereka dalam mengeloladana zakat masyarakat. Maka, akan semakin banyak orang yang berminat membayarzakat. Maka, pendapatan yang meningkat yang diterima amil, bukan karena ekstra pekerjaan yang mereka terima, tapi karena banyaknya orang yang sadar untukmembersihkan harta mereka.

Maka, kalau masih ada yang menyangka bahwa sebagai seorang guru ngaji atau ustadz, kemudian amil zakat dan pekerjaan– pekerjaan sosial lainnya, tidak boleh kaya, maka menurut saya itu tidak benar. Ada kalanya kita lah yang harus mengikuti perkemabngan jaman agar kita tak tertinggal dari target2 kebaikan =)

Wallahu’alaam…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar