Jumat, 18 Maret 2011

Sedekah....


SEDEKAH

Kita tentu pernah mendengar ayat Alloh yang mengatakan bahwa “ Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumatkan, sesungguhnya jika kau bersyukur maka akan kutambah nikmatKu dan apabila kau ingkar maka azabku amatlah pedih “ (14;7)

Sedekah, adalah kata yang mungkin sering kita dengar dan diucap. Namun, kadang sulit atau bahkan jarang kita lakukan. Kata ini akan terlaksana hanya jika kita daolam keadaan berlebih dalam harta. Namun, apabila kita dalam keadaan yang kurang, kita jarang melakukannya. Padahal justru dalam keadaan kuranglah, kita diuji olehNya, apakah kita sanggup atau bersedia memberikan apa yang kita miliki untuk orang lain yang mungkin saja lebih membutuhkannya dari kita.

Sedekah tidak hanya dalam bentuk harta. Segala yang ada dalam diri kita, yang telah diberikan oleh Alloh, patut kita sedekahi. Mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Dalam  bersedekah hendaknya kita ikhlas dan tidak menyebut – nyebut sedekah kita. Hal itu akan membuat orang yang kita beri sedekah sakit hati.

Namun, dalam memberi sedekah kita juga jangan berlebihan. Ada hak dari diri kita yang harus kita penuhi. Kita jangan hanya memikirkan akhirat sedangkan hak fithrah dari diri kita terbengkalai.

Oleh karena itu, mari jadikan bersedekah ajang kita untuk bersyukur kepada Alloh, karena dengan bersyukur Alloh akan menambah nikmatnya kepada kita.

Wallahu’alaam bishowab…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar