Senin, 10 Februari 2020

Belajar Bersama - Bersama Belajar #Jurnal 4


Alhamdulillah sudah masuk pekan keempat. Sudah memasuki jurnal keempat... yeaaay
Yaaah seru seru gimana gitu , wkwkwk

Yak setelah pekan lalu kita semua menemukan keluarga yang memiliki kebun yang sama. Maka pekan ini, kami diminta untuk saling tukar pengalaman, ilmu dan apapun yang bisa ditukar. Huehehee :D

Karena keluarga yang saya pilih adalah keluarga Pecinta Al Qur’an (sholeh banget yak rasanya, hahaa) maka yaa sesi berbaginya terkait tentang pengalaman dengan Al Qur’an. Kami berbagi tentang metode menghafal dan tahsin. Ada yang memiliki metode Hypno Qur’an, metode Utsmani sama seperti saya, metode Qiro’ati sama juga seperti saya, Yanbua atau lainnya. Namanya lucu lucu dan tentunya banyak insidenya.

Saya kutip beberapa metode yang dibagi ya :

1.    Hypno Qur’an : ini mirip – mirip dengan metode hipnotis. Menggunakan seluruh akal pikiran untuk konsentrasi dengan al qur’an.

2.    Utsmani : as i study every week. Buat saya ini masih metode yang paling friendly untuk saya. Karena ini umum

3.    Qiro’ati : ini juga umum. Lebih tegas dari Utsmani dan sekalian belajar Bahasa Arab

4.    Ummi : metode menggunakan nada. Ini cocok untuk anak anak dengan sequence audio. Yang suka nyanyi. Saya pengen belajar sih ini, tapi mengkhatamkan Utsmani dulu deh

Lainnya bebasss...

Di keluarga kami ada yang sudah memiliki hafalan 30 juz. Maa Syaa Allah ya. Luar biasa...
Beliau berbagi tips untuk menjaga hafalan tersebut. Intinya adalah konsisten dan komitmen terhadap hafalan. Jika sudah disediakan waktu selama 1 jam untuk menghafal, maka konsisten untuk hafalan, konsisten juga untuk berinteraksi dengan Al Qur’an.


Kami juga berbgai tentang bagaimana membaca Al Qur’an dalam 1 tarikan nafas. Hmhmhm, ini memang perlu pengalaman yang sering dan jam terbang yang oke sih, hahaa. Tapi ternyata ada tekniknya : yang paling mudah adalah bernafas dengan perut (ini saya ga ngerti gimana tekniknya, haa) dan yang paling ekstrim adalah membaca Al Fatihah dalam air. Haa... cari yang mudah aja ya. Al Quran itu mudah dan jangan mempersulit diri, hehee

Itu aja yang diceritakan di jurnal ini. Nanti saya tambah di Anchoor aja yaak :*




#janganlupabahagia
#jurnalminggu4
#materi4
#kelasulat
#bundacekatan1
#institutibuprofesional
#buncekbatch1
#buncekIIP


Tidak ada komentar:

Posting Komentar